Kaitan Antara Media Sosial dengan SEO Web, Berpengaruhkah?

Tahukah Anda? Ternyata sosial media memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap SEO website Anda. Yuk, ketahui kaitan antara media sosial dengan SEO web

Media sosial dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan traffic web, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan brand reputation. Tidak hanya itu, media sosial juga bisa meningkatkan jumlah backlink ke situs web perusahaan Anda. 

Contohnya ketika Anda membagikan postingan blog di media sosial seperti LinkedIn atau Twitter, kemudian postingan tersebut mendapat repost dari para pengikut atau pengguna media sosial, maka traffic web kemungkinan besar juga akan meningkat. Hal tersebut tentu akan membantu meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web Anda di halaman mesin pencarian. 

Social Media SEO

Apa itu social media SEO? Social media SEO merupakan strategi untuk mengoptimasi profil maupun postingan media sosial agar visibilitasnya naik di mesin pencari. Tidak hanya melalui hasil penelusuran Google saja, Anda juga bisa meningkatkan visibilitas profil Anda melalui platform media sosial seperti YouTube. 

Kaitan Antara Media Sosial dengan SEO Web

Lalu, apa kaitan antara media sosial dengan SEO web? Yuk, simak penjelasan berikut ini. 

1. Menambah Traffic

Traffic merupakan salah satu faktor yang membuat website berada di peringkat atas. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan traffic adalah dengan membagikannya melalui media sosial. 

Ketika link website Anda dibagikan melalui media sosial, maka visibilitas konten pun akan semakin meningkat. Selanjutnya, apabila tautan website dibagikan ulang oleh pengguna media sosial, maka traffic website pun juga akan meningkat. 

Apabila hal tersebut terus terjadi, maka website Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk berada di halaman pertama mesin pencari. 

2. Akun Media Sosial Muncul di Mesin Pencari

Akun media sosial yang aktif juga bisa mempengaruhi SEO dengan muncul di mesin pencarian. Tidak hanya berdampak pada SEO, akun media sosial yang ada di mesin pencarian juga akan berdampak pada branding dari sebuah perusahaan. Ketika akun media sosial muncul di halaman pertama, maka secara otomatis brand akan semakin terekspos. 

Media sosial bisa membuat calon pembeli lebih dekat dengan brand secara personal. Hal tersebut akan terjadi apabila profil media sosial Anda berisi tentang informasi umum yang ingin diketahui oleh calon konsumen. Oleh karena itulah, penting bagi Anda untuk memperbarui profil media sosial Anda secara berkala. 

3. Meningkatkan Content Reach

Kaitan antara media sosial dengan SEO web selanjutnya adalah dapat meningkatkan content reach. Sebab, media sosial merupakan alat terbaik untuk menjangkau orang sebanyak mungkin. 

Ketika jangkauan konten Anda meluas, maka traffic website pun akan terus meningkat sehingga akan berada di halaman pertama mesin pencari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa memanfaatkan semua jenis media sosial untuk membagikan konten terbaru Anda. 

4. Media Sosial Juga Berfungsi Sebagai Mesin Pencari

Kemajuan internet menyebabkan mesin pencarian bukan satu-satunya alat yang digunakan untuk mencari suatu informasi. Saat ini, banyak juga orang-orang yang mencari informasi melalui media sosial. Beberapa orang beranggapan jika media sosial lebih cepat dalam memberikan informasi terkini sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Ketika seseorang menganggap jika informasi dari media sosial Anda kredibel, mereka mungkin akan mengunjungi website yang disematkan di bagian profil media sosial. Itulah alasannya mengapa penting bagi Anda untuk mengoptimalkan halaman dan konten media sosial dengan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan visibilitas. 

5. Meningkatkan Value Brand

Media sosial merupakan alat yang dapat membantu Anda membangun value brand. Anda bisa mulai membuat konten yang menarik secara konsisten. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan KOL terkenal untuk mempromosikan brand Anda. 

Semakin besar value yang Anda berikan, maka pengguna pun akan semakin tertarik bahkan terikat dengan brand Anda. 

User yang sudah tertarik dengan brand cenderung akan mencari informasi brand tersebut melalui mesin pencari. 

Kaitan Antara Media Sosial dengan SEO Web, Berpengaruhkah?

Pilihan Media Sosial untuk Bangun SEO

Ada beberapa platform yang bisa Anda gunakan untuk membangun SEO. Apa saja itu? Berikut adalah penjelasannya. 

1. YouTube

Konten YouTube seringkali muncul di hasil penelusuran Google dengan format video. Saat mengklik video tersebut, maka pengguna akan langsung diarahkan ke laman YouTube. 

Bisa dikatakan YouTube merupakan salah satu platform media sosial terbaik untuk SEO. Bahkan, ada juga optimasi YouTube SEO. 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum mengupload video di YouTube. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam meriset keyword untuk YouTube adalah sebagai berikut. 

  • Menentukan topik konten video. 
  • Memaksimalkan fitur autocomplete di kolom pencarian YouTube. 
  • Melakukan riset dan melihat konten video kompetitor. 
  • Analisis meta title, description, hingga tag kompetitor. 

2. X (Twitter)

X atau Twitter menjadi platform media sosial yang terkenal dengan postingan teks atau tulisan. Meskipun demikian, semakin kesini postingan di X semakin beragam, mulai dari video, foto, bahkan konten polling. 

Ketika brand Anda sudah tidak asing di telinga customer, maka kemungkinan besar mereka akan mencari nama brand Anda di mesin pencari. Lalu, ada hasil yang menampilkan akun X brand Anda. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan visibilitas profil atau postingan akun X Anda di mesin pencari. 

  • Membuat username yang mudah dicari dan diingat. 
  • Membuat postingan secara teratur yang relevan dengan akun bisnis Anda. 
  • Memanfaatkan hashtag yang sedang trending dan relevan dengan bisnis Anda dalam postingan. 
  • Rajinlah berinteraksi dengan akun lain untuk meningkatkan engagement dan followers. 
  • Selalu memantau trending yang sedang terjadi di X. 

3. Instagram

Banyak perusahaan maupun personal yang menggunakan Instagram untuk membangun personal branding dengan konten-konten yang disajikan lewat format foto maupun video. Melalui Instagram, Anda juga bisa menampilkan etalase produknya sehingga orang bisa mengaksesnya secara langsung. 

Untuk membangun SEO lewat Instagram, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. 

  • Membuat username yang mudah diingat dan dicari. 
  • Masukkan keyword yang relevan ke caption dan hashtag dalam setiap postingan Anda. 
  • Menjaga hubungan baik dengan konsumen melalui Direct Message ataupun komentar. 

Apabila konsumen merasa dilayani dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan mencari lebih lanjut mengenai bisnis Anda melalui Google. 

4. Facebook

Untuk membangun SEO melalui Facebook, Anda perlu membangun kepercayaan konsumen. Selain itu, Anda juga perlu membuat postingan yang informatif dan akurat agar disukai followers dan mengikuti panduan konten dari Facebook. 

Penutup

Demikian penjelasan mengenai kaitan antara media sosial dengan SEO web. Optimalkan website Anda dengan optimasi media sosial Anda. 

Bagi Anda yang ingin mulai memanfaatkan website untuk keperluan bisnis, jasa pembuatan web Jogja bisa menjadi solusinya. Tidak hanya mengedepankan pada desain website yang menarik, Matob juga berfokus untuk mengembangkan website yang responsif dan mudah untuk digunakan.