Sebsiet Profesional sudah menjadi kebutuhan mutlak bagi setiap pengusaha bisnis. Website profesional dapat memberikan kredibilitas yang bagus bagi brand.
Di saat pengguna mengunjungi website Anda yang terlihat profesional, maka tingkat kepercayaan pengguna juga akan tinggi.
Apalagi di jaman yang serba canggih ini, kebutuhan akan desain dan tampilan profesional, bersih, dan minimalis sangat dibutuhkan.
Website profesional bukan hanya sekadar alat memperkenalkan brand kepada audiens di internet, seperti membuat company profile.
Lebih dari itu, website juga dapat beroperasi sebagai alat pemasaran, platform toko, tampilan karya dan keterampilan, saluran komunikasi, dan sebagai meisn untuk meningkatkan visibilitas brand di internet.
10 Alasan Brand Membuat Website Profesional
Untuk membahas lebih lanjut mengenai tampilan website profesional, maka Anda perlu mengetahui dulu, sebenarnya apa alasan sebuah brand harus membaut website tampak lebih profesional.
Berikut kami rangkum ulasannya pada poin-poin berikut:
1. Membuat Brand Tampak Lebih Berkompeten dan Berkualitas
Perlu diingat bahwa setiap layanan profesional pasti memiliki kemampuan dan kualitas yang unggul, termasuk layanan jasa pembuatan website profesional ini.
Anda mungkin berpikir bahwa memilih jasa murah atau membuat website sendiri adalah pilihan yang lebih baik, tetapi tahukah Anda bahwa memilih web creator sebenarnya dapat menghemat waktu?
Produsen berkualitas tinggi pasti memberikan layanan terbaik dan tidak akan mengecewakan Anda. Hasil web mereka juga tidak diragukan lagi.
2. Membuat Website Responsif
Mungkin bisa saja Anda menggunakan template website gratis yang mudah diakses di berbagai situs di internet.
Namun, template website gratis tersebut tidak selalu memberikan kepuasan, atau memenuhi kebutuhan website Anda.
Untuk memberikan tampilan website yang sesuai dengan kebutuhan website serta tujuan brand Anda, maka Anda butuh jasa pembuatan website profesional untuk membuat website lebih up to date.
Seperti misalanya bagaimana membuat halaman website yang user-friendly. serta responsive dapat diakses di mobile maupun laptop.
Mengoptimalkan hal sederhana seperti membuat website yang mobile-friendly ini tentu juga dapat mengundang lebih banyak pengunjung dari pengguna smarphone.
3. Meningkatkan Kredibilitas Brand
Banyak orang saat ini menggunakan internet untuk mendapatkan informasi tentang barang atau jasa.
Apabila perusahaan Anda memiliki website, pelanggan potensial dapat melihat bisnis Anda dan membuat keputusan bahwa perusahaan Anda dapat dipercaya.
Karena mereka dapat mengakses berbagai informasi tentang bisnis Anda melalui website yang Anda buat, kredibilitas atau kepercayaan pelanggan akan meningkat.
4. Media Promosi yang Efektif
Website dapat diakses oleh semua orang di internet full 24 jam, sehingga website bisa menjadi media yang efektif untuk promosi.
Selain itu, seseorang dapat mengakses website dari mana saja dan kapan saja. Target bisnis Anda sesuai dengan demografi pelanggan Anda.
Website dapat secara otomatis memproses transaksi jual beli bahkan saat Anda sedang tidur atau bepergian. Web menjadi alat yang efektif untuk mempromosikan bisnis, bukan?
5. Menggapai Pasar yang Lebih Luas
Dengan situs web yang dapat diakses dari mana saja, ini tentunya memberi Anda kesempatan untuk mencapai target pasar yang lebih luas.
Anda dapat mencapai target pasar di luar daerah tempat tinggal Anda, bahkan di luar negeri.
Baca juga: Cara Membangun Website Multibahasa: Strategi dan Tantangan yang dihadapi
6. Media Informasi dan Menjual Produk
Website tidak hanya dapat digunakan sebagai sumber informasi yang lebih lengkap, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat untuk menampilkan produk secara menyeluruh kepada sejumlah besar orang.
Anda dapat menampilkan testimoni atau galeri foto mengenai barang atau jasa yang Anda tawarkan, terlepas dari jenis bisnis Anda.
Ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan dan menunjukkan apa yang membedakan produk Anda dari kompetitor.
7. Meningkatkan Perkembangan Bisnis
Setelah pelanggan menggunakan barang atau jasa yang Anda tawarkan melalui website, mereka dapat memberikan ulasan atau ulasan. Komentar atau ulasan ini dapat digunakan untuk membangun strategi bisnis yang lebih baik.
Salah satu contohnya adalah meningkatkan kualitas produk dengan tingkat penjualan yang rendah atau memberikan layanan yang lebih baik jika pelanggan memberikan ulasan buruk.
Tentu proses review tersebut dapat menciptakan persona brand yang dinamis, artinya mau mendengarkan keinginan pasar.
Selain meningkatkan awareness pemilik website terhadap keinginan pasar, website profesional juga harus aware terhadap perkembangan zaman.
Generasi baby boomer tentu memilik perspektif dan kebutuhan berbeda dengan gen Z. Sedangkan di masa yang akan datang, gen Z lah yang akan menjadi target konsumen brand selanjutnya.
Oleh karena itu, sebagai brand, Anda juga harus sekaligus memahami kebutuhan pasar dari waktu ke waktu.
8. Menghemat Waktu
Seperti yang kita tahu, zaman sekarang itu berbagai informasi berkembang sangat pesat. Sebagai brand Anda harus terus mengikuti perkembangan zaman.
Seperti orang-orang yang selalu ingin serba cepat, fast-paced, dan instand. Oleh karena itu sebagai brand juga dituntut untuk melakukan segalanya serba cepat.
Itulah gunanya teknologi untuk membantu brand tetap stand by penuh 24 jam untuk melayani pelanggan.
Baik itu melalui telepon, chat, atau pertemuan langsung, memberikan informasi kepada setiap pelanggan pasti akan memakan waktu yang lama.
Baca juga: Tips Desain UI/UX untuk Website agar Meningkatkan Pengalaman Pengguna
9. Meningkatkan Volume Penjualan
Saat sudah banyak pelanggan yang sudah mempercayai Anda sebagai penyedia jasa/produk andalan mereka, maka sudah mudah bagi brand Anda untuk membuat engagement yang kuat dengan pelanggan.
Untuk meningkatkan engagement pelanggan, situs web Anda dapat melakukan banyak hal, seperti menyediakan fitur chat online, formulir pembelian, dan FAQ (Frequently Asked Questions), yang dapat menjawab berbagai pertanyaan pelanggan tentang bisnis Anda.
Jika pelanggan puas dengan barang atau jasa yang Anda tawarkan, mereka lebih cenderung untuk melakukan konversi, yaitu membeli barang atau jasa tersebut.
Selain itu, mereka mungkin akan menyarankan orang lain untuk membeli barang atau jasa tersebut.
10. Meningkatkan Pengalaman Pengguna
Website sangat penting bagi perusahaan yang ingin bersaing secara digital karena mudah diakses. Apalagi jika tampilan website Anda menggunakan tampilan clean, modern, dan profesional, maka akan cocok sekali dengan era yang serba fast-paced ini.
Dengan menggunakan situs web, pelanggan dan calon pembeli tidak hanya dapat mendapatkan informasi produk yang tepat, tetapi mereka juga dapat memperoleh layanan customer service yang lebih baik.
Akibatnya, itu pasti dapat meningkatkan layanan pelanggan Anda secara keseluruhan. Misalnya, situs web dapat mendukung layanan chatbot yang dapat menjawab pertanyaan umum dengan cepat.
Baca juga: Tips Memilih Tema atau Template Website Anda
Contoh Website Profesional
Anda mungkin butuh referensi atau gambaran, sebenarnya seperti apa tampilan website yang profesional itu Maka Anda perlu membaca artikel ini sampai habis ya!
Berikut ini 5 brand ternama yang dapat menjadi referensi bagi Anda membuat tampilan website yang lebih profesional!
1. Apple
Salah satu perusahaan teknologi informasi terkemuka ini pasti sudah tidak asing lagi. Website Apple yang sederhana dan kontemporer sangat sesuai dengan karakteristik utama produsen perangkat kelas atas ini.
Tampilan website Apple Indonesia sendiri adalah monokrom, tidak mempunyai banyak warna, tereksan elegan dan minimalis. Sangat menggambarkan persona brand yang mewah.
Saat Anda membuka halaman depan website Apple Indonesia, maka Anda akan diberikan cover produk terbaru mereka, yaitu iPhone 15 Pro.
Scrolling ke bawah lagi, baru Anda ditunjukkan produk Apple lainnya, seperti iPad, Macbook, dan SmartWatch.
Tentu dengan memberitahukan produk-produk terbaru dan unggulan milik mereka, audiens akan lebih tertarik untuk membeli produk-produk terbaru tersebut.
2. Nestle
Perusahaan Nestle yang terkenal dengan produk susunya, seperti Milo, Dancow, Bear Brand, dan masih banyak lagi membuat brand Nestle menjadi top of mind bagi pelanggannya saat hendak mencari produk susu dengan kualitas terpercaya.
Perusahaan ini telah hadir di Indonesia sejak tahun 1873. Tampilan website Nestle juga sangat sederhana dengan menggunakan warna putih sebagai background website mereka.
Website yang sederhana, seperti yang dimiliki Nestle, memudahkan pengguna menemukan informasi dengan cepat.
Saat Anda mengunjungi website milik Nestle, maka Anda akan dipertunjukkan artikel berisi cerita maupun pencapaian brand ini.
Lihat saja Nestle baru saja masuk list sebagai LinkedIn Top Companies 2024, karena telah mengembangkan karyawan dan kesejahteraan yang unggul.
Baca juga: Tips Membuat Navigasi Simple Di Website, Dijamin Anti Bingung!
3. Pertamina
Pernah mengunjungi situs web Pertamina, Pak? Website salah satu perusahaan besar menggunakan palet warna yang sama dengan logonya, didominasi oleh warna merah dan biru.
Dengan kombinasi warna yang kontras, tampilan ini lebih hidup dan hidup. Selain itu, kesan tersebut semakin kuat karena website ini menampilkan gambar dari berbagai kegiatan perusahaan.
Saat Anda pertama kali mendarat di halaman Beranda website Pertamina, maka akan disuguhkan huge visual dari story mengenai produk baru mereka, penghargaan-penghargaan, serta campaign atau value apa yang sedang mereka bawakan.
Scrolling ke bawah, Anda akan diberikan informasi singkat mengenai company profile, serta call to action untuk menghubungi mereka dengan cara mengisi formulir online yang mereka sediakan.
Untuk kemudahan akses, panel menu terletak di bagian atas situs web, dapat Anda klik untuk membuat menu yang lebih luas berisikan company profile, hubungan investor, media dan informasi, keberlanjutan, karir, pengadaan, dan hubungi kami.
4. Adobe
Adobe adalah perusahaan penjual perangkat lunak populer seperti Adobe Reader dan Adobe Photoshop.
Adobe memiliki banyak alasan untuk menjadi contoh website perusahaan terbaik. Yang pertama adalah karena websitenya menunjukkan konsistensi dengan produk dan reputasi perusahaan.
Jika Anda membuka situs web ini, Anda akan disambut oleh variasi warna pelangi yang luar biasa. Kombinasi warna vibrant ini sangat cocok untuk menggambarkan sisi inovatif dan kreatif Adobe.
Selain itu, situs web Adobe mudah digunakan dan informatif. Bagian header memiliki barisan menu di mana Anda dapat menemukan semua informasi produk yang Anda butuhkan.
Setiap halaman produk Adobe memiliki grafik dan video yang berbeda karena dirancang khusus untuk mempromosikan produk tersebut, yang membuatnya sangat menarik.
5. Minimal
Selain itu, merek fashion Indonesia ini harus masuk dalam daftar perusahaan terbaik. Desain web minimalis menggunakan desain yang rapi dan minimalis.
Pada bagian atas halaman, pengunjung dapat menemukan gambar dari koleksi terbaru Minimal. Mereka juga memiliki tombol CTA, “Shop Now”, yang memudahkan mereka untuk membeli produk tersebut
Selain itu, berbagai kategori label dari Minimal tersedia di website. Anda juga dapat menemukan CTA berikutnya pada promosi yang menawarkan diskon Rp50,000 setiap pembelian minimal Rp500,000
Penutup
Jika Anda sedang mencari jasa pembuatan website Jogja sekaligus agensi pemasaran online di Jogja, mungkin Anda bisa jadikan Matob sebagai partner andalan Anda!
Jasa yang disediakan termasuk pembuatan website, optimasi website, dan penulisan konten-konten SEO. Untuk memulainya kamu bisa melakukan konsultasi gratis 1 hari terlebih dahulu.
Desain web yang dihasilkan agency ini menerapkan desain modern, dengan navigasi website yang mudah bagi user. Serta hosting yang aman dan cepat.