Cara Menampilkan Google Sitelink Website

Google Sitelink adalah kumpulan link ke halaman hasil pencarian yang mengarah ke subhalaman website ketika pengguna mengetikkan kata kunci atau kueri tertentu.

Link web berada di bawah link utama website. Sitelink berfungsi sebagai alat navigasi yang memungkinkan pengguna mengakses situs lebih jauh.

Pada dasarnya, pemilik situs atau webmaster tidak dapat menambahkan tautan ke Google Sitelink; itu dilakukan oleh Google melalui algoritma tertentu. Namun, ada beberapa trik yang dapat membuat Google menambahkan tautan ke situs Anda.

Cara Membuat Sitelink Website

Google sitelink adalah subpages di bawah website pertama yang muncul di hasil pencarian. Ini biasanya berisi link ke halaman web yang paling populer.

Ketika Anda menggunakan kata kunci untuk merek tertentu, seperti Traveloka, Google sitelink biasanya muncul.

Untuk membuat akses yang lebih mudah bagi pengguna, algoritma Google akan memilih halaman yang paling populer di sebuah website.

Sitelink meningkatkan Click Through Rate (CTR), meningkatkan kredibilitas pengunjung website, dan meningkatkan kesadaran merek.

Bagaimana saya bisa membuat link ke situs web saya?

1. Tentukan Nama Website yang Unik

Google sitelink ditampilkan pada pencarian dengan keyword merek tertentu. Namun, hanya merek dengan nama unik dan berada di halaman pertama hasil pencarian Google yang akan menerima sitelink.

Misalnya, Anda memiliki bisnis yang bergerak di bidang perjalanan dan memberikan nama website “Jasa Travel Indonesia”.

Namun, nama merek ini akan sulit untuk mendapatkan tautan ke website karena tujuan pencarian pengguna bukan pada nama merek, tetapi lebih pada daftar jasa travel di Indonesia.

Akan lebih baik untuk menggunakan nama seperti “Street Travel”, “Seindo Travel”, atau “Avia Travel” sebagai nama situs web Anda.

2. Optimasi SEO

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya tentang subjek “Buat Nama Website yang Unik”, website yang akan menerima sitelink harus berada di halaman pertama hasil pencarian Google.

Optimalisasi SEO (Search Engine Optimization) adalah cara untuk membuat website Anda berada pada halaman pertama Google. Ini dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu teknik SEO On Page dan Off Page.

Teknik SEO On Page adalah teknik optimalisasi yang dilakukan pada website itu sendiri. Tujuan teknik ini adalah untuk memberikan manfaat (value) kepada pengunjung website, membuat pengunjung lebih mudah mengeksplorasi website, membuat pengunjung betah berada di sana, dan membuat mesin pencari lebih mudah memahami struktur website Anda.

Sedangkan SEO Off Page adalah optimalisasi SEO yang dilakukan di luar website. Tujuannya adalah untuk meningkatkan peringkat SERP (Search Engine Result Page), page rage halaman website, meningkatkan kepercayaan dan otoritas website dari mesin pencari, dan meningkatkan reputasi website.

3. Buat Internal Link

Suatu halaman yang mengarah ke halaman lain dalam satu website yang sama disebut “internal link”.

Jumlah internal link yang lebih banyak akan membuat Google lebih mudah menemukan halaman yang populer pada website Anda untuk dijadikan sitelink.

Misalnya, jika halaman kontak dihubungkan dengan berulang kali, Google menganggap halaman tersebut menjadi halaman yang populer pada situs web Anda.

4. Tingkatkan Brand Awareness

Kemampuan pelanggan untuk mengidentifikasi dan mengingat merek, seperti nama, foto, logo, atau slogan, yang digunakan oleh sebuah merek disebut merek pengenal.

Orang lebih sering mencari merek di Google jika mereka lebih familiar dengannya.

Kemudian semakin banyak orang yang mencari brand kamu di Google, semakin mudah untuk kamu mendapatkan sitelink. Lalu bagaimana cara meningkatkan brand awareness?

  • Targetkan kata kunci yang tepat pada suatu halaman website untuk membantu website kamu mudah ditemukan dan mendapatkan posisi yang baik pada mesin pencarian.
  • Buat konten yang berkualitas sebagai optimalisasi SEO untuk menaikkan posisi website pada mesin pencarian dan menarik perhatian pengunjung agar betah berlama-lama di website membaca konten yang kamu buat.
  • Buat blog website dengan menyediakan artikel-artikel yang memberikan manfaat (value) bagi pengunjung website.
  • Terus lakukan evaluasi SEO agar kinerja SEO pada website berjalan secara optimal.

4. Gunakan Table of Content atau Anchor Text

Ketika Anda menggunakan table of content atau daftar isi yang menggunakan sistem yang dikenal sebagai anchor link atau jump, Google dapat menemukan artikel tersebut dan melampirkannya di bawah website Anda di SERP.

Namun, Google tetap akan memilih artikel mana yang akan menerima tautan tambahan, atau tautan tambahan, di SERP, tetapi mengoptimasi artikel dengan daftar isi akan membantu meningkatkan pengalaman pengguna. Tidak ada salahnya mencobanya.

5. Pastikan Struktur dan Navigasi Website Jelas

Jika struktur dan navigasi website jelas, Google akan lebih mudah melakukan crawling dan indexing untuk menghasilkan sitelink.

Misalnya, jika Anda menjual laptop, Anda dapat membuat subdomain seperti “contohwebsite.com/laptop/asus/zenbook-pro-series”.

Selain itu, pastikan bahwa situs web Anda memiliki halaman navigasi utama yang lengkap, seperti halaman utama, produk, layanan, blog, informasi tentang kami, atau kontak kami.

6. Buat Sitemap XML dan HTML

Sitemaps XML adalah daftar halaman website yang ditujukan kepada mesin pencari agar website mudah ditemukan. Sedangkan sitemaps HTML adalah daftar halaman website yang ditujukan untuk pengunjung website.

Untuk membuat sitemaps, kamu bisa mendaftarkan sitemaps website kamu di Google Search Console, berikut caranya:

  • Masuk ke beranda Google Search Console.
  • Pilih menu “Sitemaps”.
  • Tambahkan file “sitemaps.xml” dan klik tombol “submit”.
  • Jika sudah berhasil, maka akan muncul status “Success (Sukses)” pada daftar sitemaps. Jika belum berhasil, kamu bisa tunggu hingga proses berhasil.

Manfaat Sitelink untuk SEO

Seperti yang Anda ketahui, sitelink adalah link tambahan yang muncul di hasil pencarian mesin pencari. Sitelink memiliki beberapa manfaat, termasuk meningkatkan visibilitas, relevansi, dan kemudahan navigasi bagi pengguna. Ada beberapa keuntungan utama dari menggunakan sitelink:

1. Meningkatkan Kepercayaan Pengunjung

Sitelink biasanya muncul sebagai subhalaman utama dalam hasil pencarian Google SERP, tetapi tidak semua kata kunci atau situs web dapat memperoleh sitelink ini, menunjukkan bahwa situs web yang menampilkan sitelink cenderung populer dan memiliki kualitas SEO yang baik.

Situs web yang memiliki sitelink juga menunjukkan bahwa hasil pencarian teratas dengan sitelink adalah jawaban yang paling relevan di SERP. Ini berarti bahwa situs web tersebut dapat menarik lebih banyak pengunjung.

2. Meningkatkan Click Through Rate

Karena sitelink merupakan sub-halaman dari situs web yang sama, sitelink mendominasi bagian atas layar dan mendorong pengguna untuk mengklik salah satu tautan yang tersedia. Akibatnya, tingkat klik pada halaman tersebut secara alami meningkat.

3. Memperbaiki Kinerja Internal Link

Internal linking, seperti yang disebutkan sebelumnya, memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi halaman web yang populer.

Ini akan meningkatkan kinerja internal linking dalam teknik SEO. Internal linking juga mendorong dan membimbing pengunjung untuk mempelajari lebih dalam situs web.

4. Meningkatkan Awareness Situs Web

Menduduki peringkat teratas dalam hasil pencarian mesin pencari menawarkan banyak keuntungan.

Dengan mempertahankan posisi tersebut, situs web Anda akan semakin dikenal dan diakui oleh audiens, meningkatkan kesadaran tentang keberadaan dan kontennya.

5. Memperlihatkan Halaman Populer

Jika pengguna memahami konsep sitelink, mereka akan tahu bahwa sub-halaman yang disorot oleh sitelink adalah halaman utama dan paling penting dari situs web tersebut. Dengan demikian, pengguna dapat dengan mudah mengakses halaman yang mereka butuhkan.

Penutup

Jika Anda sedang mencari jasa pembuatan website Jogja sekaligus agensi pemasaran online di Jogja, mungkin Anda bisa jadikan Matob sebagai partner andalan Anda!

Jasa yang disediakan termasuk pembuatan website, optimasi website, dan penulisan konten-konten SEO. Untuk memulainya kamu bisa melakukan konsultasi gratis 1 hari terlebih dahulu.

Desain web yang dihasilkan agency ini menerapkan desain modern, dengan navigasi website yang mudah bagi user. Serta hosting yang aman dan cepat.