Salah satu kebutuhan yang paling penting untuk bisnis online adalah komunikasi melalui email, tetapi banyak orang yang tidak tahu bagaimana meningkatkan kinerja pengiriman email bisnis.
Ini menyebabkan banyak masalah yang sering dihadapi tetapi tidak diselesaikan segera. Akibatnya, banyak aktivitas bisnis online yang dilakukan melalui email, seperti promosi, tidak dapat diterima oleh pelanggan dengan cepat.
Tidak terkirimnya email pengguna ke server email lain adalah salah satu masalah yang paling sering dihadapi penyedia hosting di Indonesia.
10 Tips Meningkatkan Pengiriman Email Bisnis Berjalan Lancar
Lalu bagaimana caranya agar email bisnis ini bisa tetap bekerja dengan baik dan mampu meningkatkan penjualan? Berikut akan kami beritutorial setting email hosting 10 Tips Meningkatkan Pengiriman Email.
1. Perhatikan jika email seperti spammer
Pertama-tama, jika Anda mengirimkan banyak email, coba tanyakan kepada penerimanya untuk memastikan apakah email yang Anda kirim adalah spam atau tidak.
Dari daftar 100.000 orang, pasti ada beberapa yang memberi tahu penyedia email bisnis bahwa email yang Anda kirim termasuk spam, terutama email spammy.
2. Ketahui Etikat Mailing
Mungkin ada alamat email yang tidak valid atau pengguna yang tidak lagi ingin menerima email Anda karena email semakin banyak. Jangan percaya bahwa Anda akan mempertahankan pelanggan dengan menyembunyikan link opt-out.
Buat lebih mudah dengan meletakkan tautan penyisih di bagian atas dengan mengingatkan alasan mengapa Anda mengirim email, karena penerima lebih cenderung menandai email sebagai spam daripada mencari cara untuk menghapus alamat email mereka dari daftar.
Sebagai contoh, Anda menerima buletin ini setelah membeli barang di mywebsite.com dan meminta untuk didaftarkan untuk pemberitahuan.
3. Batasi Email Keluar
Jika bisnis penyedia hosting Anda tidak secara khusus melayani pelanggan yang melakukan pengiriman massal, Anda mungkin ingin membatasi jumlah email yang dapat dikirim oleh masing-masing pelanggan.
Selain itu, jika pelanggan yang melakukan pengiriman massal melakukan pengiriman massal, Anda mungkin ingin menyarankan mereka yang melakukan pengiriman massal untuk menggunakan layanan seperti kontak konstan.
Tweaking server surat untuk mengirimkan banyak email tanpa masalah bisa sangat sulit, dan saya tidak menyarankannya untuk platform hosting berbagi.
Email keluar harus dibatasi dan kemudian diizinkan dalam situasi di mana tindakan satu pengguna dapat memengaruhi banyak orang. Ada dua metode mudah untuk melakukannya:
- Di WHM> Tweak Settings, set the outgoing mail limit. Anda dapat secara khusus mengizinkan domain mengirim lebih banyak dengan menambahkannya ke / var / cpanel / maxemails pada versi 11.26 dan yang lebih rendah, atau menambahkan opsi MAX_EMAIL_PER_HOUR ke / var / cpanel / users / $ user untuk cpanel 11.28 dan yang lebih tinggi.
- Di konfig exim settinglah seperti ini :
recipients_max_reject = true recipients_max = 50
4. Kencangkan Server Email
Karena pengguna “nobody” adalah pengguna sistem, setiap kali naskah PHP menggunakan fungsi email () untuk mengirim email, ia akan dikonfigurasi sebagai pengguna “tidak ada”. Ini melewati batasan pengiriman yang mungkin telah Anda atur melalui cPanel atau exim.conf.
Ini berarti bahwa naskah surat palsu di server Anda dapat mengirimkan email tak terbatas, menyebabkan server Anda dimasukkan ke daftar hitam.
Dalam tutorial setting hosting, Anda dapat menemukan WHM> Tweak Settings untuk menyesuaikan pengaturan ini.
5. Selalu Gunakan SMTP
Perangkat lunak milis harus dikonfigurasi untuk menggunakan SMTP dengan alamat email, nama pengguna, dan kata sandi yang akurat.
Anda tidak dapat menggunakan sendmail atau fitur email php/perl; Anda harus mengirim sebagai pengguna asli.
Sebagian besar perangkat lunak mailing mendukung SMTP, dan menggabungkan otentikasi SMTP dengan PHP atau Perl sangat mudah.
6. Gunakan data DomainKeys dan SPF
Anda ingin server email lain tahu bahwa email yang mereka terima dari Anda sebenarnya berasal dari server Anda dan tidak palsu.
Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan data DKIM dan SPF agar server email jarak jauh dapat mengotentikasi email Anda.
7. Berlangganan Loop Feedback
Berlangganan Loop Feedback sangat penting bagi administrator email dan hosting yang menyediakannya.
Alat ini tersedia oleh banyak penyedia layanan blacklist dan surat jarak jauh, dan dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk menemukan spammer potensial di jaringan Anda dan menyelesaikan masalah secara preemptive.
AOL, Hotmail, Yahoo, dan Spamcop adalah situs web yang sangat bagus untuk digunakan. Selain itu, sangat penting untuk menyesuaikan alamat email abuse@domain.com Anda sehingga orang dapat menghubungi Anda jika mereka ingin melaporkan spam dari server atau jaringan Anda.
8. Pantau IP
Sangat mirip dengan mendapatkan blacklisted di beberapa RBL di luar sana, Anda akan ingin memastikan apakah IP Anda mungkin terdaftar, yang berarti email Anda terpental.
Untuk memulai, RBLmon.com adalah tempat yang bagus. Anda juga dapat menambahkan pemeriksaan blacklist ke solusi pemantauan yang saat ini Anda gunakan.
Tujuannya adalah untuk mengetahui segera kapan IP Anda masuk dalam daftar blacklist.
9. Gunakan IP yang berbeda untuk email
Mengirim email biasanya dikirim ke IP utama server. Namun, situs yang mengirim email banyak mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengirimkannya ke IP yang berbeda sehingga tidak mempengaruhi pengiriman email pengguna lain di server atau jaringan pada umumnya.
10. Set up DNS
Ini tidak berarti bahwa IP yang digunakan untuk mengirim email harus memiliki catatan reverse DNS yang tepat, serta DNS forward dari PTR yang sesuai. Misalnya, jika server email Anda diberi nama mail.mydomain.com dan mengarah ke 5.6.7.8, maka PTR untuk 5.6.7.8 juga harus mail.mydomain.com.
Idealnya, catatan ini harus sesuai dengan nama EHLO/HELO yang diberikan MTA (Exim) Anda. Jika Anda memiliki opsi ini, Anda dapat mengubah nama ini di /etc/mailhelo.
Meningkatkan Keterkiriman Email dengan Baik
Jika tingkat keterkiriman email Anda adalah 97%, menurut Shopify, Anda harus melakukan audit untuk meningkatkan skor Anda.
Namun, harus diakui bahwa jika Anda tidak mencapai tingkat keterkiriman email seratus persen, Anda masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki, apakah itu melalui email dingin atau email transaksional.
Terlepas dari itu, dapat dikatakan bahwa tarif pengiriman email yang baik mulai dari 95% ke atas.
Meskipun pengirim-pengirim ini mungkin mengalami masalah dengan pengiriman email, mereka telah menunjukkan riwayat pengiriman email yang sah, yang menunjukkan bahwa mereka memiliki semua yang diperlukan.
Mari kita lihat sebuah contoh: Anda mengirimkan email ke daftar 2.500 pelanggan; dengan tingkat pengiriman 95%, sekitar 2.374 email Anda akan sampai ke kotak masuk penerima. Ini berarti Anda telah menjangkau sebagian besar pelanggan Anda.
Sisanya, 125 pesan tidak sampai ke tangan penerima. Dan itu adalah sebanyak 125 peluang yang terlewatkan untuk mendapatkan balasan atau konversi.
Cara Meningkatkan Performa Keterkiriman Email
Misalnya, ada beberapa faktor yang memengaruhi keterkiriman email dan tingkat keterbukaan:
- reputasi pengirim,
- baris subjek,
- Perangkap Spam dalam daftar penerima Anda,
- pelanggan yang tidak aktif,
- server penerima.
Namun, itu bukanlah segalanya.
Jika Anda ingin meningkatkan keterkiriman email Anda, Anda bisa memanfaatkan praktik-praktik terbaik pemasaran email.
1. Bersihkan dan Verifikasi Data Anda
Untuk meningkatkan keterkiriman email, penting untuk menjaga daftar email bersih dan terverifikasi.
Untuk alasan ini, Anda harus secara teratur menghapus email yang tidak valid dan, jika perlu, kontak yang tidak aktif untuk menargetkan pengguna yang aktif yang lebih mungkin untuk membuka dan berinteraksi dengan email Anda.
Dengan menghapus alamat email yang sudah kedaluwarsa atau tidak ada, Anda dapat mengurangi banyak pentalan dan meningkatkan kinerja kampanye pemasaran email Anda.
Untuk secara otomatis memverifikasi validitas alamat email dan menghilangkan ancaman keterkiriman, pertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak pemasaran email dan alat verifikasi email seperti Bouncer.
Dengan cara ini, Anda dapat memfokuskan upaya Anda untuk menjangkau audiens yang benar-benar tertarik dan memaksimalkan hasil kampanye email Anda.
2. Hanya Memilih Mengirim Email kepada Orang yang Menerimanya
Mengirim email ke penerima yang telah memilih untuk berpartisipasi seharusnya menjadi praktik yang baik dan aturan emas.
Jika Anda mendapatkan izin dari pelanggan email Anda, email Anda lebih mungkin diterima daripada dimasukkan ke folder spam.
Penyedia layanan email dan internet melacak metrik keterlibatan, seperti tingkat keterbukaan dan laporan spam, untuk mengevaluasi kualitas kampanye email Anda.
Anda juga dapat meningkatkan skor pengirim dan menghindari folder spam yang mengerikan dengan menyimpan daftar pelanggan yang terlibat.
Oleh karena itu, untuk memaksimalkan pengiriman email, fokuslah untuk membangun audiens yang terlibat melalui proses keikutsertaan yang etis dan transparan.
3. Jangan Membeli Daftar Email
Meskipun mendapatkan daftar email yang luas untuk upaya pemasaran Anda mungkin menarik, itu tidak boleh dilakukan.
Daftar email seperti itu sering terdiri dari kontak yang sudah usang atau berkualitas rendah, yang menyebabkan bounce rate yang tinggi dan keluhan spam.
Mengirim email ke orang yang tidak secara eksplisit memilih untuk ikut serta dapat merusak reputasi IP pemasar email dan berdampak negatif pada pengiriman ke kotak masuk pengguna.
Sebaliknya, gunakan waktu dan sumber daya Anda untuk membuat daftar email organik Anda sendiri.
Anda dapat mempertahankan tingkat keterlibatan dan keterkiriman yang lebih tinggi dengan menarik pelanggan yang benar-benar tertarik dengan konten atau produk Anda.
4. Autentikasi Email
Otentikasi email adalah langkah penting lainnya dalam meningkatkan kemampuan pengiriman. Menerapkan protokol autentikasi seperti:
- SPF (Kerangka Kerja Kebijakan Pengirim),
- DKIM (Domain Keys Identified Mail),
- dan DMARC (Otentikasi, Pelaporan, dan Kesesuaian Pesan berbasis Domain)
Semua ini membantu memastikan bahwa Anda adalah pengirim asli dan mencegah Anda menggunakan alamat IP unik Anda secara tidak sah.
Dengan menggunakan mekanisme autentikasi ini, penyedia layanan dapat mengidentifikasi email Anda sebagai email yang sah dan dapat dipercaya.
Ini meningkatkan kemungkinan email Anda akan masuk ke kotak masuk penerima dan tidak akan ditandai secara negatif oleh filter spam.
Oleh karena itu, Anda dapat memverifikasi email Anda dengan mengkonfigurasi protokol ini dengan benar dan memastikan email Anda dikirim dengan bantuan alat seperti Bouncer, yang mendukung dan memfasilitasi autentikasi email.
Penutup
Jika Anda sedang mencari jasa pembuatan website Jogja sekaligus agensi pemasaran online di Jogja, mungkin Anda bisa jadikan Matob sebagai partner andalan Anda!
Jasa yang disediakan termasuk pembuatan website, optimasi website, dan penulisan konten-konten SEO. Untuk memulainya kamu bisa melakukan konsultasi gratis 1 hari terlebih dahulu.
Desain web yang dihasilkan agency ini menerapkan desain modern, dengan navigasi website yang mudah bagi user. Serta hosting yang aman dan cepat.