Beda liveChat dan WA Chat Untuk Website, Mana yang Lebih Baik?

Memiliki website tentunya Anda harus memiliki metode cara komunikasi untuk pelanggan dan Anda dalam rangka pengembangan bisnis. Biasanya metode cara komunikasi ini menggunakan LiveChat dan WhatsApp Chat. Nah berikut ini temukan beda LiveChat dan WA Chat untuk website Anda. Pelajari mana yang lebih baik untuk meningkatkan interaksi dengan pengunjung dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Ketika berbicara tentang komunikasi dengan pelanggan melalui website, ada dua pilihan populer yang sering digunakan, yaitu LiveChat dan WA Chat. Keduanya menawarkan cara yang cepat dan efisien untuk berinteraksi dengan pengunjung.

Namun masing-masing antara LiveChat dan WA Chat memiliki keunggulan dan kekurangan yang berbeda. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai perbedaan LiveChat dan WA Chat untuk website serta membantu Anda untuk memilih yang terbaik sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Beda LiveChat dan WA Chat untuk Website Solusi Interaksi Real-time

beda LiveChat dan WA Chat untuk website

Salah satu fitur untuk memudahkan pengunjung website untuk berkomunikasi dengan Anda adalah fitur chat. Fitur chat ialah fitur wajib apabila Web memiliki tujuan utama untuk mendapatkan prospek atau leads.

Dengan adanya fitur chat akan memudahkan visitor atau pengunjung dalam melakukan kontak dengan pemilik website bisnis. Fitur chat yang sering digunakan pada website adalah WhatsApp Chat dan LiveChat.

WhatsApp (WA) Chat merupakan layanan pesan yang dilakukan melalui media aplikasi WhatsApp. WA chat semakin optimal apabila pemilik menggunakan fitur Chatbot untuk membalas pesan secara otomatis diluar jam kerja. Hal ini yang akan memudahkan pelanggan agar dapat mendapatkan layanan dan informasi kapanpun.

Fitur Chatbot hanya bisa digunakan apabila mengupgrade akun WhatsApp Businees menjadi WhatsApp Business Official. Jika ingin menggunakan WhatsApp Business Official lebih baik gunakan yang bekerja sama dengan Mitra Resmi WhatsApp sebab jika memilih yang ilegal dapat beresiko kehilangan data bisnis atau mengalami peretasan.

Kemudian pada website dapat menyediakan fitur LiveChat. LiveChat merupakan layanan yang dilakukan langsung pada website. Hal ini dapat ditemukan ketika sedang membuka website kemudian ada layanan pesan di dalamnya untuk bisa bertanya seputar produk atau jasa yang ditawarkan.

LiveChat biasanya berada di pojok kanan atau kiri bawah tiap website. Apabila ingin memakai LiveChat seiring berkembang bisnis maka perlu banyak agen customer service untuk mempercepat respons pesan pelanggan sehingga bisnis mampu mempertahankan kepuasan pelanggan. Beda liveChat dan WA chat untuk website, karena WA Chat otomatis membalas pesan pelanggan sehingga kinerja agen lebih efektif.

Salah satu beda LiveChat dan WA Chat untuk website adalah bagaimana mereka mendukung interaksi real-time. LiveChat memungkinkan tim layanan pelanggan atau penjualan untuk berkomunikasi langsung dengan pengunjung website saat mereka masih berada di halaman situs.

Tentunya dengan liveChat ini memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk mendapatkan jawaban segera atas pertanyaan mereka tanpa perlu meninggalkan situs. Di sisi lain, WA Chat memungkinkan komunikasi yang lebih fleksibel melalui aplikasi WhatsApp sehingga percakapan dapat berlanjut bahkan setelah pengunjung meninggalkan website.

Kecepatan Respon yang Ditawarkan Live Chat dan WA Chat

beda LiveChat dan WA Chat untuk website
sumber: WhatsApp.com

LiveChat adalah suatu fitur pada website biasanya berupa tombo atau icon jika di klik akan membawa pengunjung terhubung dengan tim support website dan memudahkan untuk berkomunikasi secara langsung.

Kemudian untuk WhatsApp (WA) Chat ialah aplikasi chat populer di dunia memiliki fitur berupa icon atau tombol pada website jika di klik akan membuka aplikasi WhatsApp pada device pengunjung serta langsung terhubung dengan kontak yang ada pada website tersebut.

Beda liveChat dan WA chat untuk website salah satunya terletak pada kualitas pelayanan. Pengguna WA Chat dapat merespons dan menyelesaikan permasalahan lebih cepat sehingga visitor akan lebih puas. Pada WA Chat pelanggan juga cepat mendapatkan balasan dari agen melalui fitur chatbot sehingga pelanggan segera mendapatkan solusi. Untuk Live Chat pelanggan perlu menunggu lebih lama pesan dibalas. Hal ini disebabkan oleh kecepatan respons yang tergantung dari banyaknya pesan yang diterima oleh agen dalam satu waktu.

Beda LiveChat dan WA chat untuk website: Biaya dan Tingkat Penjualan

Antara LiveChat dan WA chat ini dari segi biaya tentunya terdapat perbedaan. Pada penggunaan LiveChat, Anda akan mengeluarkan biaya yang sama mau berapa banyak pesan yang masuk ke Live Chat. Untuk pada WA Chat dapat dikenakan biaya tambahan yang bergantung dari pesan masuk dan keluar.

Kemudian untuk tingkat penjualan pada Live Chat dan WA Chat apabila menggunakan Live Chat maka tidak dapat menawarkan produk atau jasa di hari lain sebab chat sudah ditutup dan tidak memiliki data pelanggan tersebut. Namun jika menggunakan WA Chat, maka Anda akan memiliki data nomor pelanggan sehingga dapat melakukan promosi ke kontak.

Penggunaan Live Chat dan WA chat juga berpengaruh pada penyimpanan data informasi pelanggan. Live Chat tidak dapat menyimpan informasi percakapan pelanggan. Namun untuk WA Chat dapat menyimpan percakapan pelanggan sehingga agen dapat mengetahui kebutuhan tiap pelanggan.

Pengalaman Pengguna dan Kenyamanan Live Chat dan WA Chat

Saat mempertimbangkan beda LiveChat dan WA Chat untuk website, penting untuk memikirkan pengalaman pengguna. LiveChat biasanya terintegrasi dengan website dan dapat muncul sebagai jendela pop-up yang memudahkan pengunjung untuk memulai percakapan.

Kemudian untuk WA Chat memanfaatkan kenyamanan aplikasi WhatsApp yang sudah dikenal luas oleh banyak orang. Pengguna tidak perlu belajar menggunakan platform baru, yang membuat WA Chat menjadi pilihan yang lebih nyaman bagi mereka yang terbiasa dengan WhatsApp.

Kelebihan dan Kekurangan Dalam Menggunakan Live Chat dan WA Chat

LiveChat untuk website sering kali menawarkan fungsionalitas yang lebih kaya dibandingkan dengan WA Chat. Fitur seperti integrasi dengan CRM, kemampuan untuk mengelola banyak percakapan sekaligus, dan analitik mendalam adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh LiveChat.

Sebaliknya, WA Chat menawarkan keunggulan dalam hal jangkauan karena banyaknya pengguna WhatsApp di seluruh dunia, serta kemudahan mengakses riwayat percakapan di ponsel. Berikut ini lebih jelasnya terkait dengan kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan Live Chat dan WA Chat.

Pertama kita akan bahas mengenai kelebihan Live Chat. Live Chat akan memudahkan chat untuk dilakukan dalam website sehingga tidak perlu khawatir apabila pengunjung tidak memiliki aplikasi seperti WhatsApp. Visitor akan memulai komunikasi dengan mudah tentunya tanpa perlu menginstall aplikasi seperti pada penggunaan WA Chat.

Selain itu, penggunaan live chat tidak memerlukan nomor telepon aktif. Penggunaan live chat juga terkesan profesional sebab banyak website dari perusahaan besar menggunakan live chat. Fitur ini juga memiliki kadar fast respons dan customer service yang profesional. Live chat pun juga menyediakan banyak fitur tambahan seperti ChatBot, Analytics, Multi Agent, integrasi dengan third-party tools, dan lain- lain.

Penggunaan live chat tidak hanya menawarkan keunggulan, namun penggunaan live chat juga memunculkan kekurangan seperti memerlukan operator standby dan fast respons untuk menjawab pesan dari visitor.

Kemudian penggunaan live chat juga menyulitkan untuk admin dalam melakukan follow up. Sebab jika operator gagal mendapatkan kontan pengunjung maka tidak ada cara lain untuk mengunjungi pengunjung di luar website. Live chat juga kurang familiar oleh pengunjung karena memiliki perbedaan atau interface yang berbeda – beda.

Fitur live chat juga memerlukan registrasi dan berbayar yang menjadi kelemahannya. Jika ingin menggunakan fitur LiveChat pada website memerlukan layanan provider dengan proses registrasi dan memasang script pada website. Untuk menggunakan fitur ini juga berbayar jika menginginkan fitur tambahan yang canggih.

Mungkin fitur live chat tidak menarik untuk website Anda. Untuk memudahkan komunikasi dengan pengunjung website Anda juga dapat menggunakan fitur WA Chat.

WA Chat menawarkan keunggulan fitur yaitu mudah mendapatkan nomor kontak pengunjung apabila seseorang mengirim pesan maka otomatis akan mendapatkan nomor kontak dari pengirim. Hal ini akan memudahkan untuk follow up.

Keunggulan lain yang ditawarkan WA Chat adalah mayoritas pengguna banyak yang menggunakan fitur ini dan pemasangan pada web sangat mudah.  Pemasangan WA pada website cukup menggunakan link saja tanpa perlu untuk proses pendaftaran apapun lagi.

Selain keunggulan tentunya WA chat juga memiliki kelemahan yaitu membutuhkan nomor WhatsApp yang aktif dan memastikan untuk tidak habis masa berlakunya. Pada WA chat penggunaan sharing device terbatas sehingga kurang nyaman untuk digunakan multi user dalam melayani leads.

Pengolahan data WA chat juga perlu dilakukan manual sehingga menghabiskan waktu dan merepotkan. Bahkan WA chat juga memungkinkan untuk terjadinya error sebab nomor tidak dapat ditemukan atau aplikasi terlalu lama loading.

Kebutuhan Bisnis yang Berbeda

Setelah mengetahui beda liveChat dan WA chat untuk website tentunya Anda akan mempertimbangkan antara penggunaan livechat atau WA Chat. Untuk pemilihan antara keduanya mungkin dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga keputusan antara LiveChat dan WA Chat untuk website sebaiknya didasarkan pada jenis interaksi yang paling penting bagi bisnis tersebut.

Jika kecepatan dan efisiensi dalam menangani pertanyaan pelanggan di website adalah prioritas, maka LiveChat mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Namun, jika fokus utama adalah pada membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan melalui komunikasi yang lebih personal, WA Chat bisa menjadi solusi yang lebih tepat.

Apabila Anda ingin memakai keduanya antara Live Chat dan WA Chat secara bersamaan tentunya tidak masalah. Namun Anda juga perlu untuk memperhatikan kenyamanan user. Pastikan bahwa dari penggunaan Live Chat dan WA chat secara bersamaan tidak membuat user bingung.

Untuk memastikan penggunaan live chat atau WA chat, Anda dapat melakukan tes dan analisa antara keduanya mana yang sering digunakan oleh para user.

Memilih antara LiveChat dan WA Chat untuk website Anda bergantung pada tujuan dan kebutuhan bisnis Anda. Sebab kedua platform yaitu Live Chat dan WA Chat memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Anda perlu untuk mempertimbangkan bagaimana masing-masing dapat membantu dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Dengan pemahaman yang tepat mengenai beda Live Chat dan WA Chat untuk website, Anda dapat membuat keputusan yang lebih informed dan mengoptimalkan interaksi dengan pelanggan di website Anda. Semoga dari informasi artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Membutuhkan website untuk bisnis Anda, Anda dapat mempercayakan pada Jasa pembuatan website Jogja yaitu Matob Creative Studio.

Matob Creative Studio merupakan solusi pembuatan website yang telah dipercaya oleh banyak perusahaan. Dapatkan website impian Anda bersama Matob!