Tips Membuat Navigasi Simple Di Website, Dijamin Anti Bingung!

Apakah Anda ingin memiliki website dengan tampilan navigasi yang simple dan menarik? Berikut ini tips membuat navigasi simple di website dijamin Anda tidak akan bingung.

Navigasi website sangat penting bagi pemilik website karena memudahkan pengunjung website serta membuat nyaman para pengunjung website. Dengan adanya navigasi website tidak hanya pengunjung website, namun search engine juga dapat dengan mudah untuk menyerap informasi pada website yang Anda miliki.

Mengenal Navigasi Website

Navigasi website biasanya ditampilkan pada menu dan link menjadi sebuah petunjung bagi para pengunjung website supaya mendapatkan informasi halaman – halaman pada website. Navigasi website juga penting supaya search engine dapat memahami karakteristik website yang Anda miliki.

Penjelasan lebih lanjut supaya Anda lebih tahu tentang navigasi website. Navigasi website dapat diartikan dengan petunjuk. Navigasi juga dapat diartikan sebagai arah perjalanan yang menggambarkan sebuah peta wilayah.

Dengan Navigasi website menu yang berada pada halaman website akan mudah untuk terhubung satu sama lain dengan perantara sebuah link. Link akan mengarah pada halaman lainnya.

Saat menggunakan navigasi website, pengunjung dapat mudah mengakses halaman atau page yang diinginkan dengan lebih mudah. Navigasi website akan menggunakan hyperlink atau hypertext.

Pengertian hyperlink merupakan sebuah tautan yang mengarah ke halaman tertentu sedangkan hypertext merupakan sebuah teks yang didalamnya terdapat hyperlink.

Kegunaan navigasi pada website sebagai petunjuk arah. Bahkan navigasi ini sebagai menu yang tampil pada halaman website berada di bagian atas sehingga menu – menu pendukung yang biasanya tampil di bawah website. Navigasi website memudahkan pengunjung untuk menemukan halaman – halaman lain.

Kegunaan navigasi tidak hanya bermanfaat bagi pengunjung, tetapi juga memudahkan search engine untuk melakukan crawling serta mengetahui detail website. Berikut ini contoh navigasi pada website yang ada di Matob.

tips membuat navigasi simple di website
sumber: Matob

 

 

tips membuat navigasi simple di website
Sumber: Matob

 

Ragam dan Contoh Navigasi Website

Terdapat 5 ragam jenis struktur navigasi website. Berikut ini informasinya.

1. Struktur Navigasi Hirarki

Ragam jenis struktur navigasi pertama ialah navigasi hirarki yang memiliki karakteristik link menu yang sesuai dengan konteks masing – masing dari halaman website. Ketika mengklik menu maka Anda akan dapat menuju halaman lain dengan tampilan yang berbeda.

Salah satu contoh dari navigasi hirarki pada website iBox. Pada berada menu, pengunjung website akan melihat banyak kategori yang dapat berubah menjadi sub kategori. Selain itu, navigasi hirarki juga sering digunakan untuk portal berita.

tips
sumber: iBox

 

2. Struktur Navigasi Global

Ragam jenis struktur navigasi kedua yakni navigasi global yang populer dan sering digunakan. Banyak pemilik website yang menggunakan struktur navigasi global karena mudah dipahami pengunjung.

Link dari navigasi global akan mudah diakses di berbagai halaman. Selain itu, tampilan dari setiap halaman juga sama termasuk layout atau tata letaknya. Pengunjung website akan terbantu dengan tampilan website yang tidak membingungkan berkat navigasi global.

Tips Membuat Navigasi Simple Di Website
Sumber : Matob

Pada website navigasi global dari Matob, pengunjung akan dapat melihat tampilan home, harga website, portofolio, tentang kami, dan kontak yang muncul pada halaman utama. Kemudian ketika Anda meng klik pada bagian pilihan tersebut Anda akan hadir pada tampilan yang Anda pilih. Setiap halaman juga memiliki layout yang mirip antara satu dengan yang lain.

3. Struktur Navigasi Lokal

Selanjutnya struktur navigasi lokal yang memiliki perbedaan dengan ragam navigasi website lainnya. Struktur navigasi lokal dapat Anda lihat bahwa internal link tidak terdapat pada baris header atau sebagai menu dari sebuah website.

Internal link memiliki tujuan supaya pengunjung website dapat menyimak artikel atau kontel terkait. Misalnya pada website https://id.wikipedia.org/wiki/Joko_Widodo.

Pada konten website wikipedia tersebut, pengunjung dapat menemukan internal link yang mengarah ke halaman berbeda. Tujuannya supaya pengunjung website membaca artikel lain yang ada pada website tersebut.

4. Struktur Navigasi Campuran 

Ragam navigasi terakhir ialah struktur navigasi campuran yang tidak memiliki pakem atau aturan tertentu. Jenis navigasi ini dibuat sesuka hati pemilik website dan kemana link akan menuju dan memiliki desain layout yang bebas.

Tips Membuat Navigasi Simple Di Website

Bagi Anda yang ingin membuat navigasi simple. Berikut ini tips membuat navigasi simple di Website. Proses pembuatan navigasi ini juga tergolong mudah. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Menentukan dan membuat rancangan desain

Tips membuat navigasi simple di website pertama ialah Anda dapat menentukan dan membuat rancangan desain dengan baik. Pembuatan konsep dari menu website Anda dapat memulai dengan kotnen yang bersifat umum hingga konten yang bersifat detail. Anda dapat membuat rancangan desain layout menu dan submenu pada website.

Untuk pembuatan desain layout menu dan submenu hindari membuat terlalu banyak menu karena malah akan membuat pengunjung website Anda kebingungan. Anda dapat membuat menu yang simple agar pengunjung mudah memahami website.

Jika selesai membuat rancangan, Anda tinggal menggunakan jenis struktur navigasi apa.

2. Meletakkan navigasi

Tips membuat navigasi simple di website ialah Anda harus meletakkan navigasi dari yang bersifat umum hingga mendetail. Misalnya Anda dapat membuat navigasi pada halaman utama (index) dengan memuat menu – menu pokok umum.

Kemudian Anda dapat melanjutkan dengan menu – menu inti yang diletakkan pada halaman – halaman cabang dari index.

Anda juga dapat menaruh navigasi pada tempat yang mudah untuk pengunjung akses serta strategis misal pada bagian atas halaman website.

Untuk alternatif lain, Anda dapat menggunakan javascript untuk menampilkan menu dan sub-menu sekaligus.

3. Memakai menu yang responsif dan memanfaatkan Breadcrumbs

Tips membuat navigasi simple di website ialah memakai menu yang responsif dan memanfaatkan breadcrumbs karena hal ini penting supaya pengunjung betah berlama – lama mengunjungi website Anda.

Jika Anda menggunakan banyak kategori halaman, sebaiknya Anda menggunakan breadcrumbs yang berfungsi untuk membantu pengunjung website supaya tahu dimana posisi mereka ketika sedang membuka website tertentu.

4. Konsisten

Tips membuat navigasi simple di website ialah Anda harus konsisten dengan tidak merubah letak menu pada setiap halaman web sehingga pengunjung akan mudah menemukan menu – menu. Ketika Anda memiliki menu utama yang berada di atas, setelah itu, pada halaman – halaman yang terdapat dalam menu utama dapat ditampilkan sub – menu pada sebelah kiri atau kanan halaman.

5. Spotty

Tips membuat navigasi simple di website adalah Anda harus membuat menu dengan menonjol sehingga pengunjung mudah mengenalinya. Hal ini tentu harus digabungkan dengan unsur estetika sehingga menu – menu dapat sejalan dengan konsep desain web yang dibuat.

6. Singkat dan Deskriptif

Tips membuat navigasi simple di website selanjutnya usahakan website Anda singkat dan mendeskripsikan website Anda. Anda dapat membuat kata – kata yang memberikan petunjuk jelas dan singkat tentang halaman website di bawah menu. Diharapkan Anda menggunakan istilah – istilah lazim, singkat, serta mudah dipahami.

7. Memberikan petunjuk pada pengunjung

Tips membuat navigasi simple di website ialah Anda dapat memberikan petunjuk pada pengunjung. Misalnya Anda dapat membuat website yang memuat struktur singkat halaman web yang sedang di tampilan contoh: Tentang kami>> Visi & Misi.

8. Memberikan Link Menuju Halaman Utama

Tips membuat navigasi simple di website ialah memberikan link menuju halaman utama atau link ke halaman dalam “parent topic”. Hal ini memudahkan pengunjung website apabila situs Anda dibangun dalam struktur menu dan submenu yang cukup kompleks.

Anda juga dapat memberikan link secukupnya pada navigasi yang sudah dibuat dengan tujuan supaya pengunjung tidak bingung dan lebih mudah untuk mengaksesnya.

Selain itu, Anda dapat membagi link menjadi beberapa kategori yang berbeda. Dengan membuat sebuah menu dropdown untuk per kategori yang tersedia sehingga menu jadi lebih mudah untuk diakses pengunjung dan tidak terkesan rumit.

9. Menggunakan taksonomi

Tips membuat navigasi simple di website dengan menggunakan taksonomi. Taksonomi atau tag merupakan fitur yang berguna untuk mengelompokkan atau mengumpulkan suatu konten tertentu dalam kategori yang sama. Misalnya ketika membuat kategori gaya hidup, kuliner, wisata, ekonomi, dan lain sebagainya.

Dengan keberadaan taksonomi memudahkan pengunjung mengakses konten yang relevan dengan topik terkait serta membantu apabila ingin mencari suatu topik tertentu.

10. Membuat Sitemap

Tips membuat navigasi simple di website dengan membuat sitemap yang memiliki link pada setiap halaman web. Hal ini akan memudahkan dan mempersingkat proses pencarian halaman – halaman website oleh pengunjung.

11. Hindari Broken Link

Tips membuat navigasi simple di website ialah pastikan navigasi yang Anda buat tidak terdapat broken link ata link rusak. Broken link memberikan dampak besar pada pengalaman dan kenyamanan pengunjung website.

Bahkan broken link dapat memperburuk performa SEO pada website Anda. Pastikan untuk selalu mengecek link yang Anda pakai dalam navigasi yang dibuat.

Nah itu tadi informasi mengenai tips membuat navigasi simple di website. Semoga dari informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Bagi Anda yang ingin membuat website atau memiliki website dengan tampilan profesional tapi tidak mau ribet tenang saja karena saat ini banyak penyedia jasa pembuatan website.

Salah satu jasa pembuatan website Jogja adalah Matob Creative Studio. Matob Creative Studio menjadi mitra terpercaya dalam menciptakan web menarik dan fungsional.

Jadi tunggu apalagi? Ingin memiliki website profesional percayakan saja dengan Matob Creative Studio.