SEO vs SEM: Apa Bedanya dan Manakah yang Lebih Unggul?

Dalam strategi digital marketing, Anda dapat menggunakan website sebagai channel marketing Anda. Untuk mengoptimasi kinerja website Anda dalam memasarkan produk, maka Anda perlu strategi marketing yang disebut sebagai SEO dan SEM.

Search Engine Marketing (SEM), mudahnya Anda membayar Google untuk mengiklankan page yang ada di website Anda, agar langsung naik ke halaman paling atas SERP.

Sedangkan Search Engine Optimization (SEO), yaitu strategi marketing optimasi untuk website yang dilakukan secara organik, sehingga Anda tidak perlu membayar Google untuk memasarkan pages website Anda.

Kalau masih bingung, yuk baca terus artikel ini sampai habis.

SEO

SEO adalah proses meningkatkan peringkat situs web kita di hasil pencarian organik mesin pencari dengan menggunakan berbagai teknik, seperti pembuatan konten berkualitas tinggi, optimasi kata kunci, peningkatan struktur situs, dan pembuatan backlink (tautan) dari situs web yang kredibel.

Tujuan utama pengoptimalan mesin telusur adalah membuat situs web kami lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari barang atau jasa yang kami tawarkan.

SEM

Sementara itu, SEM adalah jenis pemasaran online yang menggunakan iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas situs web kita di mesin pencari.

Salah satu bentuk SEM yang paling populer adalah Google Ads, yang memungkinkan kita untuk menampilkan iklan kita di bagian atas atau bawah halaman hasil pencarian untuk kata kunci tertentu.

Dengan SEM, kita dapat menargetkan pengguna berdasarkan kata kunci, lokasi geografis, dan bahkan perilaku online mereka.

Persamaan dan Perbedaan SEO dan SEM

SEO dan SEM sama-sama bekerja untuk meningkatkan visibilitas konten atau halaman website, menarik pengguna ke website hingga mereka memutuskan untuk membeli produk yang ditunjukkan.

Namun, keduanya jelas memiliki perbedaan. Perbedaan SEO dan SEM mencakup banyak hal, seperti waktu, biaya, dan lalu lintas. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana kedua strategi bekerja untuk menentukan strategi terbaik untuk halaman web kita.

Oleh karena itu, kami akan membahas SEO dan SEM secara lebih mendalam, membahas cara keduanya bekerja, dan memilih strategi terbaik untuk masing-masing. Baca artikel ini sampai akhir!

Bedanya SEO dan SEM

1. Target Audiens

Dengan SEM, Anda bisa memilih target audiens yang diinginkan, mulai dari kategori umur, jenis kelamin, wilayah (lokasi audiens berada), dan lainnya. Ini jauh lebih baik dibanding strategi SEO yang target audiensnya tidak sespesifik SEM.

Selain itu, target audiens yang digunakan dalam SEM jauh lebih terukur karena Anda bisa melakukan pengaturan iklan pada awal sebelum memulai kampanye.

Namun, dengan menggunakan SEO, Anda tidak serta merta dapat mencapai target audiens; Anda harus meningkatkan konten di website terlebih dahulu.

Baru setelah itu, Anda dapat melihat apakah konten sesuai dengan target yang ditetapkan. Jika tidak, Anda harus melakukan optimasi berkali-kali lagi.

2. Kecepatan Hasil Performa 

Salah satu perbedaan utama antara SEO dan SEM adalah kecepatan; SEO membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan banyak pengunjung ke situs Anda, terutama jika website bisnis Anda baru dibuat dan belum memiliki backlink.

Menurut analisis yang dirilis oleh Ahrefs, situs baru rata-rata membutuhkan dua tahun untuk mendapat peringkat di halaman pertama Google, sementara situs nomor satu sudah berusia lebih dari tiga tahun.

Tapi tidak dengan SEM atau PPC; website Anda dapat dengan mudah masuk ke halaman pertama mesin pencari.

StickFriends hanya perlu menampilkan iklan di pagi hari dan mendapatkan traffic dan konversi di sore hari. Namun, jangan langsung berharap mendapat return of investment (ROI) yang memuaskan.

Dalam beberapa situasi, melakukan uji coba dan penyesuaian selama berbulan-bulan dapat membawa hasil ROI yang menguntungkan.

3. Jangka Waktu

Berbeda dengan SEM, SEO akan memiliki efek optimasi selama jangka waktu yang cukup lama, sementara SEM hanya akan bertahan selama jangka waktu iklan yang telah ditentukan.

Dalam bahasa yang lebih sederhana, durasi iklan hanya sebanding dengan biaya yang Anda bayar, sementara SEO akan bertahan lama karena kemajuan saat ini.

Artinya, selama konten situs web tetap relevan dengan audiens, Anda akan dapat melihat hasil SEO.

4. Anggaran

Salah satu perbedaan antara SEO dan SEM yang lainnya adalah jumlah uang yang diperlukan untuk iklan mereka, karena SEM adalah iklan berbayar.

Untuk menggunakannya secara otomatis, Anda harus menyiapkan anggaran yang besar. Oleh karena itu, pastikan Anda merencanakan dan menghitung biaya iklan dengan cermat.

Sementara Anda dapat memanfaatkan SEO tanpa mengeluarkan biaya, karena SEO gratis dan SEM berbayar. Namun, jika Anda menggunakan jasa SEO atau bekerja sama dengan agensi digital yang khusus menangani strategi SEO untuk website Anda, ada biaya tambahan.

5. Potensi CTR

Meskipun kedua metode digunakan dan hasil SEO dan SEM ditampilkan di halaman pertama pada saat yang sama, kemungkinan orang untuk mengklik iklan berbayar lebih kecil daripada hasil optimasi SEO.

Penyebabnya adalah kecenderungan individu untuk tidak senang dengan tanda “iklan” yang muncul secara bersamaan di barisan paling atas pencarian.

Mereka akan percaya bahwa tautan ke situs web yang memiliki tanda iklan atau iklan hanyalah iklan biasa dan mungkin tidak memiliki konten yang mereka inginkan.

Memahami perbedaan antara SEO dan SEM akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik tentang cara meningkatkan kinerja website. Anda bahkan dapat menggunakan keduanya sekaligus untuk hasil yang lebih baik.

Dari penjelasan di atas, mana taktik yang akan Anda gunakan pertama kali? Supaya Anda tidak salah menerapkan SEM, pelajari dulu jenis kata kuncinya. Lihat ulasannya yang berjudul Search Engine Marketing: Jenis Keyword SEM dan Alasan SEM Penting di sini.

6. Conversion Rate

Secara umum, pengoptimalan mesin telusur biasanya menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi dibandingkan PPC.

Ini disebabkan oleh fakta bahwa pengguna yang mengunjungi situs web melalui hasil pencarian organik biasanya memiliki keinginan yang lebih besar untuk membeli atau mengkonversi barang.

Tingkat konversi rata-rata untuk SEO adalah 2,4%, sedangkan SEM/PPC adalah 1,3%. Hasil pencarian organik Google dapat menarik lebih dari sepuluh kali lebih banyak klik daripada hasil pencarian berbayar, menurut data FirstPageSage.

Menurut FirstPageSage, hasil penelusuran organik teratas mendapatkan 19 kali lebih banyak klik dibandingkan hasil penelusuran paid ads.

Meskipun keduanya membuat sebuah website berada di posisi pertama dalam hasil pencarian, situs yang dioptimalkan dengan teknik SEO mendapatkan lebih banyak perhatian pengguna.

7. Biaya

Memang, SEO berfungsi untuk menghasilkan pengunjung organik ke situs web Anda tanpa harus mengeluarkan uang.

Sebaliknya, StickFriends harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk menulis artikel yang berkualitas, tetapi perusahaan biasanya mempekerjakan ahli konten untuk menulis artikel untuk website mereka.

Selain itu, Anda harus mengeluarkan uang untuk mempekerjakan mereka, tetapi website Anda mungkin tidak tampil di halaman pertama. Berbeda dengan SEM, yang benar-benar berbayar sepenuhnya.

Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk menemukan kata kunci yang paling banyak dicari oleh target pasar Anda dan kemudian membangun kampanye untuk kata kunci tersebut.

Setelah itu, iklan Anda akan langsung muncul di barisan pertama mesin pencari, dan Anda dapat dengan mudah memperoleh prospek dari PPC.

Mana yang Lebih Baik Antara SEO dan SEM

Tidak ada yang lebih baik daripada yang lain; keduanya sama.

Jika StickFriends tidak memiliki banyak uang, mereka dapat berkonsentrasi pada SEO dan membuat content marketing yang bagus.

Tapi StickFriends dapat melakukan keduanya, SEO dan PPC, jika mereka memiliki dana iklan yang besar dan konsisten. Dengan demikian, Anda dapat mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Penutup

Jika Anda sedang mencari jasa pembuatan website Jogja sekaligus agensi pemasaran online di Jogja, mungkin Anda bisa jadikan Matob sebagai partner andalan Anda!

Jasa yang disediakan termasuk pembuatan website, optimasi website, dan penulisan konten-konten SEO. Untuk memulainya kamu bisa melakukan konsultasi gratis 1 hari terlebih dahulu.

Desain web yang dihasilkan agency ini menerapkan desain modern, dengan navigasi website yang mudah bagi user. Serta hosting yang aman dan cepat.