Apakah Anda tahu apa itu email atau arti email? Berikut informasinya untuk Anda tentang email serta jenis dan cara menggunakan email dari Matob. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.
Apa itu Email?
Mengenal apa itu email, email ialah singkatan dari electronic mail. Email merupakan surat elektronik yang dikirim dengan menggunakan bantuan komputer, tablet plus koneksi, ataupun smartphone.
Email ini sama seperti surat – surat yang baisa kita tulis pada masa lalu. Namun alih – alih menulis diatas kertas, email menggunakan teknologi yakni kita akan menuliskannya di layar elektronik. Dengan begitu saat mengirimkan kita tidak menggunakan jasa pak pos melainkan dengan bantuan internet.
Email seringkali digadang – gadang menjadi salah satu media komunikasi di dunia profesional yang populer. Menggunakan email dirasa cukup efektif dan efisien untuk berkomunikasi dengan orang lain menggunakan internet. Jadi tidak heran apabila email seringkali digunakan untuk perseorangan atau perusahaan untuk menyampaikan informasi atau pesan.
Saat masa lalu proses mengirimkan pesan kepada orang lain sangat sulit dilakukan, hal ini disebabkan tidak adanya kantor pos, tidak ada telepon, smartphone, dan teknologi canggih seperti saat ini untuk kebutuhan berkomunikasi.
Di masa lalu, orang – orang mengirimkan pesan menggunakan bantuan pihak ketiga untuk menyampaikan pesan. Masa kerajaan apabila raja, ratu, atau kaisar ingin mengirimkan pesan, mereka akan mengutus seseorang untuk membawa surat tersebut kepada seseorang yang ingin disurati.
Namun tidak seperti sekarang, surat yang mudah dan cepat diterima, saat dulu surat membutuhkan waktu lama untuk sampai. Bahkan semakin jauh tempat tinggal atau lokasi si penerima pesan, maka semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk mengirim pesan tersebut.
Apabila pesan ingin cepat sampai, maka harus membayar dengan mahal karena memerlukan biaya perjalanan yang mahal. Bahkan kekurangannya pun ada yaitu belum ada jaminan surat selamat atau sampai di tujuan saat perjalanan karena terjadinya perampokan atau kecelakaan yang membuat surat tidak sampai ke tangan pengirimnya.
Kemudahan Pengiriman Surat Melalui Email
Saat ini teknologi semakin canggih, mengirimkan surat tidak lagi serepot dahulu. Saat ini jika ingin mengirim surat ada kantor pos yang siap untuk mengantarkan surat Anda dengan biaya yang terjangkau.
Selain itu, Anda dapat menggunakan teknologi yang Anda miliki seperti smartphone canggih yang mempermudah Anda untuk menyampaikan pesan, berkomunikasi dengan orang lain, dan lain – lain.
Saat ini mengirimkan pesan dapat menggunakan teknologi smartphone yakni dengan menggunakan elektronik mail atau email untuk mengirimkan pesan. Mengirimkan pesan melalui email ini dapat dilakukan pada orang yang memiliki jarak dekat dengan kita ataupun dengan orang yang berada di belahan dunia lain.
Dengan adanya teknologi yang bernama email ini seseorang akan dapat dengan mudah dalam mengirimkan pesan pada siapapun selama mengetahui alamat email yang mereka miliki.
Email menjadi media komunikasi yang sering digunakan untuk mengirimkan pesan. Keunggulan menggunakan email ialah selain mengirimkan pesan juga dapat mengirimkan foto dan video. Selain itu, email juga menjadi media untuk kepentingan pekerjaan.
Email sangat membantu bagi para pegawai atau pekerja yang ingin mengirimkan dokumen tertentu. Melalui email, seorang pekerja akan mudah menyampaikan informasi ke atasannya yang berada di luar kota pun.
Bahkan penggunaan email juga dapat digunakan bagi para pelamar kerja yang ingin mengirimkan pesan seperti berkas lamaran ke perusahaan yang akan dituju.
Keunggulan Memakai Email
Email merupakan metode komunikasi melalui perangkat elektronik untuk mengirim pesan melalui internet. Saat menggunakan email, seseorang ahrus mengetahui alamat pengiriman yakni email si penerima yang lebih singkat. Tentunya hal ini menjadi keunggulan dibanding menggunakan email yang ditulis tangan karena memerlukan alamat rumah penerima dan harus mengirimkannya lewat pos.
Keunggulan memakai email dalam pengiriman pesan ialah email sangat cepat diterima. Meskipun kantor pos sudah cepat dalam mengirimkan dokumen atau surat, justru email ini lebih cepat lagi karena hanya membutuhkan waktu hitungan detik hingga menit tergantung dari koneksi internet yang dimiliki. Apabila koneksi yang dimiliki stabil, mengirimkan surat hingga ke ujung dunia akan tersampaikan dengan cepat.
Selain itu, beberapa keunggulan penggunaan email antara lain sebagai berikut:
1. Penggunanya luas
Keunggulan dari email yakni banyak orang yang menggunakannya secara luas. Hal ini karena email merupakan alat komunikasi untuk surat menyurat dengan cepat. Bahkan untuk menemukan arsip dari pesan email juga sangat mudah karena arsip akan ada di komputer Anda, laptop, atau smartphone yang terkoneksi dengan email Anda.
2. Aksesibilitas mudah
Keunggulan selanjutnya terkait penggunaan email ialah aksesibilitas yang mudah. Email merupakan suatu media yang gratis untuk digunakan dan tersedia pada berbagai platform sehingga memudahkan semua orang untuk memiliki alamat emailnya sendiri.
Seseorang akan dengan mudah untuk membuat akun email hingga masuk ke akun sendiri di berbagai perangkat yang tersedia.
Sejarah Tentang Email
apa itu email? email merupakan media komunikasi mengirimkan surat secara elektronik. Email telah melewati sejarah panjang. Di masa lalu, yahoo menjadi perusahaan email favorit bagi semua orang. Bahkan hampir semua orang memiliki alamat email di Yahoo.
Namun saat ini Yahoo sudah jarang digunakan dan sebagai gantinya orang – orang menggunakan email dari Gmail yakni besutan google.
Meskipun memiliki fungi sama dengan yahoo, namun gmail ini memiliki kelebihan yakni dapat terhubung kemana – mana salah satunya akun youtube.
Sejarah panjang tentang email ini dimulai tahun 1968 saat jaringan ARPANET dikembangkan dan akhirnya menjadi cikal bakal internet yang kita gunakan hari ini. Saat itu, juga terdapat seoran insinyur bernama Ray Tomlinson yang diberikan tugas untuk membuat sistem komunikasi yang disebut SNDMSG.
Dengan sistem SNDMSG, seseorang akan bisa saling mengirimkan pesan kepada satu sama lain. Kemudian tahun 1972, SNDMSG menjadi salah satu cara berkomunikasi di jaringan ARPANET menggunakan karakter @ untuk memisahkan alamat email dan domain. Perkembangan SNDMSG semakin maju sehingga akhirnya berubah nama menjadi Eudora yang menjadi cikal bakal email hingga saat ini.
Jenis – Jenis Email
Mungkin Anda hanya mengenal email dari Yahoo atau gmail, padahal terdapat beberapa jenis – jenis email. Berikut ini jenis – jenis dari email sebagai berikut:
1. Pop Mail
Jenis email pertama ialah pop mail yang sering digunakan oleh banyak perusahaan sebagai media komunikasi dengan pegawainya. Biasanya atasan menggunakan pop mail ini untuk mengirimakn pekerjaan atau dokumen tertentu kepada bawahannya.
Pop mail merupakan singkatan dari Post Office Protocol. Email jenis ini berasal dari ISP atau alamat email yang diberikan perusahaan oleh karyawannya. Email ini dapat digunakan bagi seseorang dengan sesama rekan kerjanya karena pop mail merupakan alat komunikasi atau mengirimkan pesan dalam suatu perusahaan. Ciri utama pop mail ini yakni memiliki nama domain dari perusahaan tersebut.
2. Webmail
Jenis email selanjutnya yakni webmail merupakan email berbasis website. webmail ini digunakan ketika Anda memiliki akses untuk membaca atau mengirimkan email kepada orang lain.
3. Forward mail
Selanjutnya ialah forward mail merupakan layanan yang memungkinkan Anda untuk meneruskan email ke pengguna lain. Pengguna lain tidak harus orang lain, melainkan untuk alamat email yang Anda miliki. Dengan begitu meski ganti alamat email, Anda tidak akan kehilangan email alam yang sifatnya sangat penting.
Kegunaan Email
Email tidak hanya berfungsi sebagai mengirim dan menerima pesan, namun email ini semakin penting dan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. Lalu apa saja fungsi atau kegunaan email ini? Berikut penjelasannya.
1. Email sebagai sarana mengirim dan menerima pesan
Fungsi utama dari email ialah mengirim dan menerima pesan. Sebagai sarana untuk komunikasi, email untuk mengirimkan pesan lebih praktis.
Dengan penggunaan email, pesan akan disampaikan dengan cepat, bakan Anda tidak perlu menghabiskan biaya terlalu banyak untuk mengirimkan pesan seperti biaya transport, biaya perangko, dan pengiriman. Satu hal yang penting untuk mengirim atau menerima pesan melalui email ialah jaringan internet yang stabil.
2. Mengirim dan menerima file
Selain mengirim dan menerima pesan, fungsi email ialah mengirim dan menerima file seperti foto, video, atau dokumen kepada orang lain dengan mudah. Caranya pun juga mudah, Anda hanya tinggal mengklik tombol attachment dan memiliki pilihan untuk mengirimkan berbagai file. Untuk mengirimkan file ini terdapat batasan ukuran file yang harus Anda patuhi.
3. Komunikasi individu atau grup
Fungsi email ialah untuk komunikasi dengan teman atau klien Anda. Dengan menggunakan email akan mempermudah komunikasi antar individu atau grup misalnya pengiriman pesan atau penerimaan pesan.
4. Melakukan kegiatan promosi
Menggunakan email juga dapat mempermudah untuk kepentingan promosi atau memasarkan produk ke konsumen. Tidak hanya itu saja, email juga dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian produk.
Melalui email, Anda dapat membuat akun media sosial atau aplikasi e-commerce untuk mendapatkan lapak secara cuma – cuma. Bahkan banyak perusahaan yang sudah menggunakan email untuk memasarkan produknya.
5. Memberi notifikasi, pengingat, hingga follow up
Fungsi dari email juga dapat untuk memberi notifikasi, pengingat, hingga melakukan follow up misalnya setelah melakukan rapat interview. Email juga dapat mengingatkan seseorang terkait dengan deadline yang harus dipenuhi.
6. Sebagai identitas diri
Email juga memiliki kegunaan sebagai identitas diri seperti mendaftarkan smartphone di awal aktivasi. Dengan email memudahkan banyak hal dalam kehidupan sehari – hari tidak hanya untuk mengirimkan atau menerima pesan.
Cara Menggunakan Email (Gmail)
Berikut ini cara menggunakan email dari Gmail yang dapat Anda ketahui dan dijadikan referensi pembuatan email.
1. Pembuatan Akun
Pertama Anda dapat melakukan pembuatan akun gmail melalui https://mail.google.com. Kemudian Anda dapat membuat akun dengan mengklik create account. Apabila Anda sudah memiliki akun, Anda dapat mengetikkan alamat email Anda atau nomor telepon saat pembuatan email Anda berlangsung.
Ketika pembuatan akun email dari gmail akan diberikan opsi tujuan email Anda dibuat apakah untuk diri sendiri, anak, atau untuk pekerjaan. Setelah memilih Anda dapat melakukan intruksi lanjutan.
2. Mengisikan nama
Setelah create account, Anda dapat mengisikan nama awal dan nama akhir selanjutnya klik next. Intruksi selanjutnya Anda mengisikan bulan, tanggal, dan tahun lahir serta gender Anda. Kemudian Anda dapat memilih opsi nama email Anda klik next.
3. Membuat Password
Intruksi selanjtunya setelah membuat nama email, Anda akan membuat password untuk masuk ke dalam email Anda nantinya. Setelah membuat password email Anda dapat digunakan. Usahakan membuat password dengan angka, nama, dan simbol.
Itu tadi informasi mengenai apa itu email, arti email, jenis email, dan cara menggunakan email. Semoga dari informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Bagi Anda yang menginginkan memiliki website sendiri, Anda dapat menggunakan jasa dari matob creative studio yang merupakan jasa pembuatan website jogja berpengalaman. Dapatkan website unggul untuk berbagai kebutuhan Anda.