10 Mitos Seputar SEO yang Menarik untuk Dipahami

SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu strategi digital marketing, yang banyak diterapkan perusahaan untuk meningkatkan peringkatnya di halaman pencarian mesin pencari, seperti Google.

Sayangnya strategi SEO terkadang suka disalahpahami. Banyak muncul anggapan yang membingungkan, mulai dari anggapan SEO hanya berdasar kata kunci, padahal penerapannya tidak se-simple itu.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas lebih dari 10 mitos seputar SEO yang banyak beredar, sekaligus meluruskan fakta di baliknya.

Yuk, simak terus artikelnya sampai bawah!

10 Mitos Seputar SEO

Percaya pada kebohongan tentang SEO mungkin salah satu alasan strategi Anda tidak berhasil.

Mitos tentang SEO dapat menyebabkan Anda membuat pilihan yang salah, mengabaikan teknik terbaik yang telah terbukti berhasil, atau bahkan merugikan keseluruhan optimasi website Anda.

Oleh karena itu, untuk menghindari kesalahan, Anda harus memahami dan memecahkan mitos SEO. Berikut adalah mitos SEO yang harus Anda pelajari:

1. Target Kata Kunci Sudah Tidak Lagi Relevan Sejak Google Hummingbird

Google Hummingbird akan mengubah sistem pencarian di masa depan, memaksa produser konten untuk menerapkan pendekatan baru yang akan menguntungkan pengguna akhir. Jika kata kunci tetap berada di halaman pertama Google, itu menunjukkan bahwa kata kunci itu relevan.

Menurut Matt Cutts, kepala tim WebSpam Google, Hummingbird mengubah algoritma pencarian secara menyeluruh dan mungkin mempengaruhi sembilan puluh persen pencarian.

Ini karena Hummingbird tidak selalu melakukan perbaikan seperti Panda dan Penguin. Manual penalty dan Google Panda dapat ditemukan dalam artikel kami.

Menurut Rand Fishkin, pendiri Moz, target kata kunci hanya berpengaruh 15% pada peningkatan ranking SEO. Menurutnya, Anda harus berkonsentrasi membuat konten yang lebih unique.

Meskipun begitu, tidak masuk akal juga untuk mengatakan kalau menargetkan kata kunci yang relevan pada konten Anda tidak lagi bermanfaat.

Dengan Hummingbird, penargetan dan penargetan kata kunci menjadi lebih mudah. Tidak perlu khawatir tentang mengikuti rasio kata kunci tertentu.

Tapi fokuskan pada tujuan pencarian pengguna. Misalnya, alasan apa yang mendorong orang untuk mencari “Software CRM untuk bisnis skala kecil”?

  • Apakah orang itu ingin membeli software CRM?
  • Apakah ia ingin membaca ulasan yang jujur?
  • Apakah pencari seorang pemula yang tidak tahu kepanjangan dari CRM?

Dengan perubahan yang dilakukan pada algoritma Hummingbird, kami menyadari betapa pentingnya mengetahui alasan di balik kata kunci tertentu dan membuat konten yang memenuhi kebutuhan tersebut.

Ini menunjukkan bahwa kata kunci tetap penting karena tanpa kata kunci, Anda tidak dapat mengetahui niat pencari.

Beberapa platform terkemuka seperti Twitter, Facebook, YouTube, Instagram, Pinterest, dan lainnya menggunakan target kata kunci.

Kecuali Anda menggunakan kata kunci untuk mencari, hampir tidak mungkin menemukan apa yang Anda cari. Kata kunci berfungsi sebagai kompas untuk kampanye SEO Anda; mereka memberi tahu Anda ke mana Anda harus pergi dan menunjukkan apakah Anda maju atau sebaliknya.

2. Peta Situs XML Akan Meningkatkan Peringkat Pencarian Anda

Apakah Google XML Sitemaps generator telah diinstal pada situs WordPress Anda? Apakah peta situs dapat meningkatkan peringkat pencarian? Namun, sitemap XML diperlukan untuk membangun situs yang dapat dicrawl.

Sitemap XML Google generator akan membuat sitemap baru yang sesuai dengan halaman baru Anda dan mengirimkannya ke Google dan mesin pencari lainnya setiap kali Anda membuat atau mengedit post yang sudah ada.

Casey Henry mencoba mengetahui apakah sitemap dapat meningkatkan peringkat pencarian.

Selain itu, hasilnya cukup mengejutkan. Google mengindeks halaman baru dalam waktu sekitar empat belas menit setelah menginstal Google XML Sitemap generator pada web klien.

Kita sekarang tahu bahwa sitemap XML mempercepat pencarian dan indeks halaman baru. Namun, apakah meningkatkan peringkat pencarian juga? Sitemap tidak memengaruhi peringkat halaman web sebenarnya.

Sitemap adalah jenis bantuan atau panduan yang diberikan oleh Google tentang situs Anda, seperti memastikan bahwa semua URL Anda terindeks untuk tujuan penelusuran yang lebih mudah. Meskipun prioritas URL dapat meningkatkan visibilitas situs Anda, hal ini tidak menjamin.

Singkatnya, jika Anda belum menggunakan Google XML Sitemap generator pada situs WordPress Anda, Anda harus menginstalnya segera. Meskipun tidak ada jaminan bahwa peringkat Anda akan meningkat, ini akan memungkinkan Google menemukan konten baru Anda lebih cepat.

3. Tag Meta Tidak Penting

Tag meta, juga dikenal sebagai metatag, adalah metode yang digunakan oleh webmaster untuk menyampaikan informasi tentang situs mereka kepada setiap klien.

Setiap sistem hanya memproses tag meta yang mereka ketahui dan mengabaikan tag meta lainnya. Tag meta ditempatkan di bagian head halaman HTML.

Tag meta adalah tag HTML yang muncul di antara head tags pembukaan dan penutup. Tag meta digunakan untuk menampilkan preview singkat halaman web tertentu pada hasil pencarian.

Dalam dunia SEO, banyak perdebatan tentang efek tag meta, terutama setelah Hummingbird. Danny Sullivan menulis artikel tentang “kematian tag meta” untuk membahas lebih lanjut tentang tag meta dan alasan mengapa tag meta tidak lagi penting untuk SEO saat ini.

Ada 3 elemen tag meta:

  • judul tag
  • deskripsi meta
  • kata kunci

Judul tag muncul di bagian head halaman web, tetapi tidak menjadi elemen halaman; deskripsi meta dan kata kunci, di sisi lain, adalah elemen halaman opsional.

Dengan demikian, Google dapat menarik teks dari badan halaman sebagai potongan preview jika tidak ada deskripsi meta.

Menurut Matt Cutts, Google tidak menggunakan tag meta kata kunci dalam peringkat halaman, tag meta tetap relevan dan masuk akal untuk memperhatikan mereka.

Meskipun tag meta tidak meningkatkan peringkat pencarian, tag meta membantu pengguna dan mesin pencari mengetahui tentang situs Anda, membuat mesin pencari tertarik, yang kemudian dapat mendorong lebih banyak klik pengguna pencarian.

Untuk membuat deskripsi meta yang kaya, gunakan saran ini:

  • Mengubah meta menjadi deskripsi. Penting untuk menggunakan kata kunci yang relevan dengan artikel. Pertanyaan seperti “siapa,” “apa,” “kenapa,” “kapan,” “dimana,” dan “bagaimana” digunakan untuk membuat laporan. Teknik ini berhasil untuk menulis deskripsi.
  • Setiap deskripsi meta harus berbeda dari deskripsi halaman lainnya.
  • Buat penjelasan meta singkat. Google membatasi panjang deskripsi hingga 100 karakter pada perangkat mobile dan 156 karakter pada perangkat desktop.

4. Gunakan Tag Meta Robot Untuk Menentukan Halaman Terindeks

File Robots.txt memberi tahu mesin pencari halaman atau tautan mana yang harus diindeks dan mana yang harus diabaikan.

Tapi dengan menggunakan Yoast atau All in One SEO WordPress plugins, Anda dapat dengan mudah mengatur teks noindex dan nofollow.

Anda hanya perlu melihat tombol “noindex” jika Anda yakin Anda ingin halaman tetap privat dan tidak diakses oleh orang lain.

Apa artinya jika Google tidak dapat menemukan halaman baru Anda jika Anda tidak menggunakan tag meta robot? Sepertinya tidak.

Anda dapat menggunakan file Robot.txt untuk memblokir semua web crawlers dari semua konten Anda, folder khusus, atau halaman web tertentu.

Namun, jika Anda tidak ingin memblokir web crawlers, Anda tidak perlu melakukannya. Hemat waktu Anda dan gunakannya untuk hal-hal yang lebih penting.

5. Membuat Konten Secukupnya, jangan Terlalu Sering

Padahal, intensitas pembuatan konten juga penting dalam proses optimasi mesin pencari, mitos SEO selanjutnya adalah membuat konten jangan terlalu sering dan secukupnya saja.

Untuk mengoptimalkan kinerja situs web Anda, pastikan proses pembuatan konten dilakukan secara teratur dan konsisten. Logiknya, lebih banyak konten akan menghasilkan lebih banyak pengunjung ke situs web Anda.

Meskipun demikian, jangan membuat konten dengan sembarangan. Anda harus membuat konten yang berkualitas tinggi dan relevan untuk audiens Anda agar Anda dianggap ahli di suatu niche.

6. Percaya Agensi SEO yang Menjanjikan Hasil Cepat

Perusahaan yang mengklaim dapat meningkatkan peringkat web Anda dengan cepat tidak dapat dipercaya.

Praktik seperti itu sering menunjukkan bahwa mereka menggunakan teknik SEO black hat yang bertentangan dengan peraturan Google.

Teknik SEO membutuhkan waktu dan hasil yang tidak instan, jadi untuk mendapatkan peringkat tinggi, Anda perlu kesabaran dan strategi yang konsisten.

Pilih perusahaan SEO profesional dengan tim pakar berpengalaman daripada agensi yang memberikan hasil cepat.

7. Tidak Butuh Riset Keyword

Sebagai blogger dan marketer konten, Anda harus melakukan riset kata kunci. Kata kunci tidak hilang karena update Google.

Ketika halaman web muncul di atas, Anda akan mendapatkan lebih banyak klik. Hindari mengoptimalkan terlalu banyak menggunakan anchor text yang kaya kata kunci.

Google Keyword Planner masih merupakan alat riset kata kunci yang paling akurat. Dengan menggunakannya, Anda tidak hanya dapat meriset kata kunci yang ingin Anda cari, tetapi Anda juga dapat melihat kata kunci yang ditargetkan oleh pesaing Anda.

Caranya sangat sederhana. Pertama, gunakan tools Keyword gratis dari KWFinder. Anda dapat melihat video tutorialnya di bawah ini.

Riset kata kunci masih sangat relevan. Tapi untuk tetap aman, fokus pada user intent dibalik pencarian, bukan hanya kata kuncinya.

8. Semakin Banyak Kata Kunci pada Konten Semakin Baik

Dalam hal kata kunci, mitos SEO lainnya adalah bahwa menggunakan lebih banyak kata kunci pada artikel akan meningkatkan peringkat.

Namun, penggunaan kata kunci yang berlebihan dapat menyebabkan keyword stuffing, yang bertentangan dengan pedoman Google dan dapat memengaruhi peringkat situs web Anda.

Untuk menjaga agar artikel tidak terkesan dipaksakan, kata kunci harus dimasukkan secara natural ke dalamnya.

Secara umum, kadar kata kunci dalam artikel berkisar antara 0,5 dan 1 persen dari total kata. Karena algoritma Google tetap rahasia, Google tidak memberi tahu kami berapa banyak keyword yang harus dimasukkan.

9. Cukup Fokus pada Kata Kunci

Persepsi bahwa SEO hanya berfokus pada kata kunci adalah salah. Kualitas konten juga penting untuk diperhatikan. Sangat sulit untuk mendapatkan peringkat yang tinggi jika kontennya tidak baik, relevan, dan bermanfaat.

Selain kualitas konten, Google mempertimbangkan user experience saat memberikan peringkat pada website.

Dengan kata lain, Anda dapat meningkatkan kualitas konten, kinerja website, aksesibilitas, dan penggunaan visual yang menarik dengan mengoptimalkan SEO Google.

10. Menetapkan Target Kata Kunci Bervolume Tinggi

Frasa pendek yang menerima ratusan hingga jutaan pencarian dalam satu bulan biasanya merupakan kata kunci yang memiliki volume pencari yang tinggi.

Sementara kata kunci bervolume tinggi dapat menghasilkan banyak trafik, akan sulit untuk bersaing dan tidak spesifik pada niche Anda.

Untuk mendapatkan peringkat yang tinggi, jangan hanya bergantung pada kata kunci dengan volume tinggi; gunakan juga berbagai jenis kata kunci, seperti long-tail keyword, yang memiliki tingkat persaingan yang lebih rendah.

Penutup

Jika Anda sedang mencari jasa pembuatan website Jogja sekaligus agensi pemasaran online di Jogja, mungkin Anda bisa jadikan Matob sebagai partner andalan Anda!

Jasa yang disediakan termasuk pembuatan website, optimasi website, dan penulisan konten-konten SEO. Untuk memulainya kamu bisa melakukan konsultasi gratis 1 hari terlebih dahulu.

Desain web yang dihasilkan agency ini menerapkan desain modern, dengan navigasi website yang mudah bagi user. Serta hosting yang aman dan cepat.